Sabtu lalu, me and friends menghadiri seminar Urban Lifestyle: Picture of Health yang di adakan oleh Yayasan Cahaya Bangsa.

Berhubung AC ruangan yang saaangat dingin,gue menggigil kedinginan and kelaparan, so ga banyak yang bisa gue simak dan ingat..

Pertama-tama, gue terkagum kagum ama Andrian Maulana selain berwajah bagus dan berbadan bagus pula (six pack booo..), kesaksiannya tuh dulu dia waktu kuliah pernah 90 kg, ga sehat, kegemukan, trus ketemulah ama Ade Rai jadi bisa turun sampe 72 kg..woww..kurang 20 kiloan..resepnya banyak latihan di Gym dan atur pola makan..berhubung Adrian dilatih ama Ade Rai, dan Ade Rai tu pemiliknya Gold’s Gym berarti bentuk badan nya bisa six pack gini berkat latihan di Gold’s Gym, ya ga sih?

Otak gue langsung berputar nih, gue mulai inget inget papi Andrew kayaknya uda 3 bulan di Gold Gym kok ga ada perubahan ya.. jangan kan six pack, one pack pun ga keliatan..haha..(dasar istri bukannya encourage suami kek..) gue tuh bukannya ga mau encourage suami ya, tapi emang sukacita terbessaar adalah ngeledekin suami..wakaka…Gue bisalah encourage suami yang tiap sabtu selalu belanja ke pasar, yang lebih tahu harga cabe keriting dan bawang merah daripada gue, yang suka main kuda kudaan ama Andrew, yang rajin antar jemput gue ke kantor..tapi kalo untuk urusan perut….hmmmm…

Pada suatu hari di minggu lalu…
Papi: Honey, liat deh perut gue, sejak pitnes kayaknya uda mengecil nih…(jalan mondar mandir di depan gue sambil liatin perutnya, sedang gue lagi makan di meja..ya samalaha ama perut gue waktu hamil 3 bln..wakkaka…)
Gue: hah, kecil? kecil dari mana? dari samping kiri keliatan gede, dari samping kanan gede juga, dari depan..APALAGI..LEBIH GEDE… kalo kasat mata mah kaga bisa deh ukur kecil gedenya perut..diukur donk pake meteran…
Papi: Iya beneran uda kecil nih..(yakin banget dengan wajah terlihat bahagia)

Coba ya pulang latihan RPM jam 10 malam, pulang rumah nenteng bakmi ayam sebungkus…alasan laper blum makan, ya sama aja donk gimana perut bs kecil…Ini jelas tidak sehat and don’t try it at home !!

Balik lagi ke soal seminar, dari sesi Andang Gunawan, ND yang bisa dipetik :setiap hari dalam tubuh itu terjadi detoxifikasi (buang racun). Dalam tubuh bisa terjadi keracunan dan perlu dilakukan puasa. Tanda tandanya:

  • sering sariawan
  • sering lelah tanpa sebab, bangun tidur pegel pegel
  • sering pusing / migran
  • alergi
  • sering flu, kambuh sembuh kambuh..

Saat buang racun, lever bekerja keras. Setiap program detox tuh kayak orang sakaw, bisa pusing, mual, marah-marah. Yang di larang detox: ibu hamil, anak, diabetes parah, sakit berat.

Menurut dr.Gentiani Saputra, kita bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal lewat nutrisi, sebenarnya tanpa supplement juga bisa asal kita pilih makanan yang tepat. Disarankan untuk mengkonsumsi nasi merah atau brown rice daripadi nasi putih karna nasi putih cepat pecah jadi gula. Emang sih nasi merah itu ga enak banget dikonsumsi, seret banget..Yang gue tahu ada beberapa jenis beras merah. Saat ini yang lagi populer beras merah organik, tanpa digiling jadi kulit ari nya masih utuh dan harga jelas lebih mahal tapi seret banget… Ada yang uda diproses setengah digiling, kulit arinya uda ada bbrp yang hilang tapi ini mendingan bisa dikonsumsi…dijual di pasar sekitar 9000/kg. Di supermarket ada jual vita rice itu campuran beras putih dan merah, buat yang mau coba coba makan beras merah ini bisa jadi pilihan yang cocok. Ada buku yang gue baca waktu masak beras merah air harus lebih banyak dan bisa ditambah daun pandan atau sereh atau kulit jeruk mungkin biar lebih harum kali ya…Tapi nasi merah gbr dibawah ini hasil beli di pasar rasanya enak dan seperti beras putih..Bisa juga dibuat variasi seperti nasgor beras merah atau nasi tim beras merah…

beras merah

Kalo brown rice warnanya coklat muda, bentuknya pulen. Di 7 Eleven Bangkok ada jual brown rice kemasan 2 kg. Di food court Bugis Junction Singapur juga ada yang jual menu brown rice. Rasanya sih lebih mirip beras putih.. Kalo di pasar gue sih belum ketemu ya ada yang jual brown rice..

Oh ya tips lagi dari Bu Andang, jangan makan terlalu kenyang karna bawaannya ngantuk..(emang bener sih..) setengah kenyang langsung berhenti. Hindari makanan yang terlalu banyak diproses kayak sosis, kornet, cake, roti (duh..yang enak enak ga boleh..)

Mas Ari Wibowo, bintang tamu juga ga ketinggalan pengen kasih tips:
* kalo makan tuh lama ngunyahnya…(gue mah pasti uda pasti ga bisa, karna motto gue eat fast,work fast..!!)
* makan pake sumpit karna porsinya jadi sedikit yang masuk..(hah..orang hongkong kali ye…gue malah suka makan pake tangan…hmm sedap..apalagi makan pecel lele…)
* sebelum hidangan utama, ada appetizer dulu, seperti sup..

Yang paling sulit tuh bagaimana mendidik anak untuk bisa hidup sehat..menurut pengalaman Bu Andang:
– harus sabar dan konsisten
– sebagai ortu harus jadi contohan, misalnya gemar makan sayuran..
– selalu makan bersama sama at least dinner, karena dengan makan bersama ortu bisa mantau anaknya tuh makan apa aja
– jangan harap adanya formula ajaib, harus berulang ulang ngomongin makan sayur, lama lama juga nanti nyantol..

Sebenarnya masih ada sesi dan tips yang lainnya kayak soal osteoporosis, jantung, kecantikan, dll tapi gue uda ga konsen habisnya kedinginann..hihi… semoga apa yang dishare bisa bermanfaat ya…