ciri khas oleh oleh atau cemilan dari Siantar:

1. kue sus toko roti Ganda.  Kata Papi ini kue gosong gini apa enaknya..ini mah kue kampung…hahha..huh..suami tidak sensitip emang…Emang sih isi nya cuman mentega. Ini toko roti dari dulu rame mulu kaga ada sepinya..Mau beli juga ngantri sambil sikut sikut orang sebelah.

Gue: Kak, mesen ya kue sus 10 ..
Kakak: Hah, hanya 10?? (dengan tatapan melongo)
Gue: Iya 10, (perasaan sepuluh tuh uda banyak deh..)

Gak lama, si kakak muncul lagi dengan 10 kue sus dalam plastik.

Gue: berapa kak?
Kakak: sepuluh ribu..
Gue: (dalam hati) hah..jadi satu nya cuman seribu ya..wah, pantesan si kakak kaget mesen kok cuma 10..untung gue ga bilang pesen 5..haha..berarti kalo orang lain pesen tuh bisa berpuluh puluh kali ya..

..bagi gue enak dan tiada dua nya..Dan dari dulu taste nya sama persis…kaga beda…

kue sus

2. Miso Ayam…yang jualan di gang kecil di daerah Kandang Besar. Tempatnya masih seperti dulu kecil hanya muat 4 meja, dan si kakak tuh kenapa ya kaga expand bisnis nya..Hanya orang Siantar yang bisa bilang itu miso taste nya enak. Kalo Papi, di suruh nyobain aja ogah..huhh..komentarnya cuman apaan tuh isi cuma mie dan ayam suwir dan krupuk..haha.. Emang benar isinya cuma mie atau bihun, ayam suwir, krupuk, bawang goreng, disiram kuah miso yang panas..nyamm nyam…gue sambil ketik sambil nelan ludah nih..wakakkaa…trus ada menu tambahan sate kerang di bumbu in dan parkedel..harus dicampur dalam miso trus tambahin sambal cabe hijo nya..wuisss….dijamin maknyusssss…

misoparkedel

murah  meriah, harga miso per porsi cuman 4 rebu, parkedel dan sate hanya 500 per pcs..Gue ingat banget dulu waktu es em pe, pernah ultah traktir temen temen disini, ber tujuh hanya bayar 25rb..wakakaa….tempat yang penuh kenangan…

3. kopi, yang sedari dulu terkenal tuh kopi merek kong tung..masih dengan packing yang sama. Kalo taste ga ngerti deh masalahnya gue bukan pengemar kopi…khusus buat “J”, kalo uda nyobain kasih tau ya gimana rasa kopi nya di compare dengan yang di star buck…hihi..

4. terong belanda,  buahnya kecil bentuk agak lonjong…cara jus nya sama dengan markisa. dibelah dua, keluarin isi nya, trus di blender campur dengan sedikit air, habis itu disaring. Berhubung rasanya asam, lebih baik ditambah gula..rasanya jadi asam asam manis gitu..hmm…bisa memelekkan mata yang ngantuk..enak dan bergizi. per kilo di pasar 4rebu..kalo di jakarta jarang nemu ya..

terong belanda

5. Jus markisa buatan Mama…ini lebih original, tanpa pengawet, tanpa pemanis buatan, dan asli home made..Sayang tidak dijual, hanya untuk kalangan keluarga..hehe..Sorry ya kalo ada yang mau beli.. Cara buatnya persis sama dengan jus terong belanda, cuman untuk markisa ini dimasak/ direbus lama sambil harus diaduk dan di campur gula pasir..Agak repot emang tapi bisa tahan di kulkas berbulan bulan…Kalo ada yang namu ke rumah gue dijamin deh di suguhi Jus markisa…Seger banget dan banyak vitamin C nya..

6. Muaci. eh, kaga tau ding namanya apa..Ini cemilan gue sedari SD..pas nemu ada yang jual di Pasar Rame Medan, aduh seneng bangett. per pack harga nya 6rb.. Wangi dan manis…

7. kue kue pasar juga enak enak dan murah..gue seringnya laper mata. uda beli karena kenyang taruh aja kaga dimakan..

hanya orang kampung yang kayak gue gini yang bisa menikmati makanan khas kampung ya gak sih..

next, cerita hunting makan nya…