Suatu sore hari di kantor………

suasana sepi, hanya ada gue yang lagi merenung menunggu Suami yang telat menjemput..

tiba tiba gue merasa harus intropeksi diri…

apalagi kemarin ada seorang teman kerja yang tiba tiba nyeletuk..

Teman: “eh, perut elu uda gede ya..”

Gue: ” ah masa sih…

Teman: Iya, tapi gue liat elu bete mulu, banyak yang bilang lho elu bete mulu…

Gue: Masa sih..??? (setengah percaya..)

 

setelah lebih dicerna, emang ada bener nya juga. Belakangan ini gue suka marah marah di kantor, atau kalo lagi kesel ama orang lain suara pun jadi tinggi..Emang pressure selalu ada, ya dari bos, ya kerjaan, ya dari teman kerja… dan yang paling kasian gue sering marah marah ama sekretaris di divisi lain yang mana lagi hamil tua pula…lagi lagi gue merasa bersalah… Ah sesama bumil jangan saling memarahi dong…hehe..

Gue juga suka mengumpat dalam hati, atau suka bilang gue gak suka ama si A, si B, dll..trus Ah gue resign aja deh..enak kan santai santai di rumah..tapi tiba tiba mikir lagi gue terlalu emosional…

Emosi ibu sangat bisa mempengaruhi Janin, bahkan ada penelitian ibu hamil yang sering stress anak bakal hiperaktif..So, gue terus belajar untuk menenangkan diri dalam hadapi situasi apapun dan selalu berserah pada Tuhan.

 

Gue akhirnya berbaikan dengan Sekretaris gedung sebelah, dan dari dia lah gue berniat untuk baca buku Hipnobirthing-Melahirkan tanpa rasa sakit..Wuuuu..siapa yang gak mau, ya gak?? walau dalam hati terus terang gue rada rada ga percaya sih, masa sih bisa melahirkan tanpa sakit karena gue compare dengan saat gue melahirkan Andrew dimana harus bergulat selama 18 jam di RS, tanpa pembukaan dan diakhiri dengan suntikan induksi…Ahhh, sakit nya sulit dikatakan…

 

Tapi setelah baca buku HipnoBirthing, ternyata benar untuk anak pertama memang di butuhkan waktu 12-24 jam baru deh brojol babynya.. Tapi tanpa merasakan sakit di antara 18 jam, mungkinkah??

gue akui sih teknik relaksasi dan pernafasan itu sangat penting dan harus dipelajari terus menerus…

 

Dulu zaman gue hamil Andrew gue ga kenal dan ga tau yang namanya Hipnobirthing..paling hanya latihan nafas dan senam hamil, ditambah jalan pagi dan jalan jalan cuci mata tentunya di Mall ..hehe..Hanya berbekal nasehat dari guru senam hamil, “jangan panik ya bu, ingat atur nafas dan harus tenang..” itulah yang gue selalu ingat dan terngiang ngiang di kepala…Memang kenyataan tidak sama dengan latihan. Tapi sungguh amazing, saat kontraksi mulai datang, tarik nafas dalam dalam, pelan pelan hembus nafas lewat mulut seiring dengan kontraksi yang sudah mulai berakhir, akan timbul rasa tenang dan rileks, rasa sakit pun tak dirasakan..terus menerus begitu.

 

Ngomong ngomong soal latihan relaksasi, kebetulan saat beli buku ada bonus CD arahan untuk latihan. Nah, gue uda coba 2 x latihan sebelum tidur, ceritanya pengen praktek gitu..Eh baru aja pose pertama, sedetik kemudian gue uda terlelap dan bangun bangun uda jam 3 subuh..hehe..latihan kedua juga gitu..Aduh ampun ya gue tu kepala tempel bantal langsung molor…haha. Jadi belum kesampean tuh relaksasi sampe selesai..😛

 

Buat yang lagi hamil, recomended banget untuk baca buku Hipnobirthing dan latihan relaksasi sesering mungkin…