Seperti komen dari “J” tentang Like Father Like Son, sebenarnya banyak yang bilang kalo Andrew tuh baik karakter en sifatnya mirip ama Papinya..walau secara face mirip emaknya..:P

foto dibawah nih ada foto foto sewaktu retret di Anyer awal bulan Mei, baru sekarang nih ada waktu edit n posting foto…

 Waktu acara games, seru banget khusus waktu games untuk anak-anak seperti kelereng (gw dulu waktu kecil bilangnya “guli”) ditaruh di atas sendok trus sendoknya di gigit dalam mulut, anak nya harus jalan sampe ke batas sebrang, adu cepet deh, ada juga memindahkan bendera kecil dalam botol ke botol sebrang, tapi Andrew masih terlalu kecil untuk ikut. Gak kebayang deh kalo Andrew ikutan games, bisa kacau tuh games nya..huehehe..So, apa yang Andrew lakukan di saat anak anak lain dan ortu masing masing sibuk ber- games ria?? Andrew pun asik sendiri, yah tak lain tak bukan seperti biasa naik turun kursi, naik turun podium (kebetulan Grup kita Grup Ijo ada di sebelah kanan podium), mungutin barang barang ( lebih tepat disebut ‘sampah’) di lantai, yah gitu lah ga bisa diam..ada ajah.

 

Dulu waktu Andrew umur 1 thnan tiap foto suka gaya nunjuk angka 1, mungkin maksud nya mau gaya cheese (angka 2) tapi tetep aja jadinya angka 1. nah baru baru ini gaya baru lagi, kalo mau foto, ‘cheeseee’ muncul tangan dengan angka 3..besok besok bisa ganti lagi jadi angka 4 dan seterusnya… hahahaa….

Giliran games untuk Bapak-bapak, ( for info aja, sewaktu bapak-bapak bertanding di tepi pantai, ibu ibu asik belanja, ada yang beli pete, emping, pisang tanduk, de el el, termasuk gw sih yang asik nawar pete sampe diancam akan diambil panitia baru deh buru buru ngacir bergabung nonton games..hihi.hi..)

Yang paling seru yaitu games tarik tambang versi Bapak Bapak dan Ibu Ibu..lucu abis…apalagi yang versi Ibu Ibu pada uda ga kuat, uda pasrah ajah, mana kaki jeblos masuk ke pasir, tangan perih pegang tambang, uda deh kurang tenaga..Tapi kalo yang grup Bapak Bapak wow..mereka mengerahkan segenap tenaga sampe muka memerah dan bertahan terus tidak mau kalah. Kebetulan Papi Andrew di barisan paling depan, bisa kebayang kan usahanya kek apa.. Mana waktu semi final tenaga uda habis, panas pula, grup tetangga uda pasif aja deh sama sama ga ada yang narik, entah tenaga dari mana, tiba tiba Bapak Bapak grup Ijo bisa bersemangat kembali, dannnn….MEREKA MENANG!!!

Selanjutnya pindah lagi ke tepi kolam. Nah ini permainan basah basahan deh..jangan harep bisa kering deh..Jadi tiap grup dapat pralon gede yang tinggi nya 1.5m sudah ada lubang lubang nya berikut 4 gayung. jadi ada team yang menahan lubang lubang tersebut dengan tangan or kaki. 4 orang (terutama dipilih bapak bapak yang lincah) harus bolak balik ambil air dari kolam dengan gayung (yang juga ada lubangnya di bag bawah) dan dituang ke dalam pralon. Grup yang menang yaitu yang pertama kali berhasil memenuhi air dalam pralon. So kebayangkan kalo yang megang lubang pralon tuh basah bak disiram air dari gayung..seru sih bahkan ada yang HP masih dalam celana jadi ikutan basah deh..Grup Ijo kurang cepat jadi dimenangkan oleh grup laen..Gak apalah kita mengalah kali ini.  :P  Inti dari games ini kesatuan dan kerjasama team.

Habis berbasah basahan uda kepalang tanggung, Bapak bapak lanjut lagi Maen gebuk bantal dengan duduk di atas sebatang kayu di atas kolam..Nah yang kalah jelas kecebur ke kolam.. Yang ini gw uda ga ikutan liat deh masalah nya uda basah dan kedinginan, jadi balik ke cottage dan mandi deh..siap siap untuk dinner…

Malam nya ada khotbah dari pendeta Budi dan dilanjutkan dengan pecah ke dalam grup grup kecil isi 6 orang dan masing masing share ttg pelajaran khotbah..dan dilanjutkan dengan barbeque jagung dan ubi..Wah sesi ini banyak yang miss, mungkin pada uda capek gara gara games siang tadi jadi hanya ga sampe 10 orang yang masih getol ber-barbeque.

Sebenarnya suasana malam nya asik banget, tenang hanya ada suara ombak, bahkan tidak ada angin sama sekali.  Dengan terheran heran gw masih nanya ke Papi:

Gue: “kok ga ada angin sama sekali ya”
Papi: ” Ya iya donk kalo uda malem kan angin darat”
Gue: Gue langsung inget pelajaran SD dulu, angin darat berarti angin yang berhembus dari darat ke laut, makanya para nelayan berlayar ya..

kira kira bener ga sih ya teori ini, kok malahan lebih pinter Papi dari gw..😀

Yah memang harus diakui. ‘kadang kadang’ Papi emang lebih pinter dikit dari gw..😀