Ahhh..akhirnya kesampean juga ikutan prenatal yoga (yoga khusus buat ibu hamil). Waktu hamil Andrew dulu, gw mah ga ngerti nih ada gini ginian. Paling ikut senam hamil di RSIB atau jalan pagi di kompleks. Setelah browsing dan cari info sana sini, akhirnya dapat juga deh tempat yoga yang ga jauh jauh amat dari rumah, ada kelas prenatal (gak semua studio yoga ada kelas prenatal), dan harga so so lah, kelas nya juga sabtu pagi dan ga macet..

 

Sebenarnya bingung juga antara ikutan kelas pilates untuk ibu hamil yang diadain di RS Bersalin tapi harga nya toh lebih mahal sedikit dari prenatal Yoga dan lokasi agak jauh.

 

Jumat sore jam 5 lewat gw baru ingat belum confirm ke studio Jakarta Do Yoga so buru buru deh telp untung ada yang angkat. Langsung daftar dan ternyata gw adalah pendaftar pertama dan satu satu nya..hahha…seru nih kek private ajah..

 

Dengan sedikit keyakinan dan berbekal sedikit ilmu yoga basic, malamnya gw uda semangat aja menunggu sabtu pagi..sebelum bobo, ga lupa stel weker bangun jam 7. Beneran jam 7 bangun, gak lupa mandi (harus mandi lho sebelum yoga, kalo dari instruktur yoga basic dulu, harus mandi belum yoga, bs mandi setengah atau full; mandi setengah maksudnya cuci muka doang…)..seger deh habis mandi dan ga boleh sarapan pagi yang berat berat. Lagian di rumah ga ada yang bisa dimakan, so gw hanya minum segelas susu segar plus sedikit cemilan kacang. Lumayan deh ganjal perut..

 

Langsung meluncur ke sarinah, persis nya di atasnya Toko Kue Harvest. Pagi pagi jalanan emang lancar dan 15 menit uda sampe. Naik ke Lt3. setelah urusan bayaran dan daftar selesai, taruh tas di locker, masuk dech ke studio yoga yang tenang dan wangi…Suasana hati langsung adem gitu..😀

 

Perkenalan dengan instruktur Mbak Devi, trus ditanya pertanyaan basic; uda hamil brp bulan, ada keluhan gak, pernah latihan yoga gak sebelumnya, pernah cedera gak, de el el. Waktu Intro dijelaskan apa manfaat yoga prenatal. Terutama sih bisa mengurangi sakit di punggung, stretching, olah gerak tubuh, efek rileks, tenang dalam persalinan nanti, dan latihan pernafasan. Diingatkan lagi kalo dalam yoga tuh tarik nafas dan buang nafas selalu dari hidung. Gw tuh suka lupa kadang buang nafas suka dari mulut. Dan saat buang nafas harus panjang…

 

Berhubung gw hanya sendiri, jadi instruktur tuh focus banget ama gw, ada pose yang salah segera dibetulin..asik ya..

 

Peralatan yang digunakan:

          yoga mat

          bolster

          selimut

          sabuk / tali

 

Di awali dengan pemanasan, sama seperti yoga basic. Trus beberapa pose yang nyaman untuk ibu hamil. Gak harus dipaksa in sama seperti instruktur, yang penting semaksimal kita. Dan bisa dibantu dengan sabuk, misalnya untuk stretching pose yang duduk, kaki direntangkan lebar, kalo tangan ga bs menyentuh jari kaki, its ok bs pake bantuan sabuk.

Ada juga pose berdiri yang benar, kadang tanpa sadar gw tuh suka berdiri dan berat badan bertumpu pada salah satu kaki saja, nah ini diajarkan bahwa saat berdiri berat badan harus bertumpu pada dua kaki. Dilanjutkan dengan latihan keseimbangan dengan berdiri pada satu kaki, tangan di dada serta mata memandang ke bawah focus pada satu titik. Diikuti dengan variasi2 yg laen. Berhubung gw ga bs menggambar pose pose tersebut, setelah search di internet ada web yang menampilkan beberapa pose yang bisa dilihat di sini. Oh ya sebelum ikut yoga ada baiknya baca guideline nya dulu di sini.

 

Terakhir ada pose yang enak dan nyaman, yaitu side-lying position: yaitu berbaring pada sisi kiri, bisa sambil peluk guling. Dan dengarkan nafas kita. Tenang dan rileks.

 

Ada beberapa pose yg aman dilakukan saat latihan sendiri di rumah, tapi memang disarankan untuk ikutin latihan nya dengan ditemanin instruktur takutnya ada salah pose dan bisa mengakibatkan cedera..