Barusan baca artikel tentang donor asi di Tabloid WI, dulu gua merasa ga bakal butuh donor asi dan menganggap bahwa 27 botol stok asip di freezer pasti cukup untuk dede saat gua uda mulai kerja. Tapi kenyataannya beban kerjaan di kantor emang pengaruh banget membuat asi drop.

 

Pernah nih lagi pompa di toilet, eh tiba tiba hp bunyi (gua memang sering bawa hape takut sewaktu waktu dicari), yang bicara di sebrang sana ngoceh mulu dan mendesak utk gua cepet selesaikan yang dia mau, padahal gua baru pompa dapat 70 ml dan belum kelar, jadinya mau ga mau acara pompanya harus di hentikan dulu dan ternyata baru bisa lanjut pompa lagi setelah malam jam 11 pas sampe rumah.

 

Gak tau juga mungkin gua terbawa emosi ditambah tidur kurang, ada saat gua juga pompa asi dalam keadaan nangis sangking merasa sangat stress, dan hasilnya hanya dapat 50 ml. uda coba trus ga keluar lagi.. yah itulah akibat pengaruh pikiran pada hasil perahan.

 

Saat diberikan solusi untuk asi donor oleh Ibu Mia, gua uda ga berpikir 2 x lagi, ya langsung setuju saja.

Teman gua sang pendonor asi, rela rela saja 8 botol asip nya @ 120 ml didonorkan.

 

Sampai saat ini, Erica genap 4 bulan, gua masih tetap perah di kantor, asi perahan uda mulai membaik dan back to normal. Sekali perah 100-150 ml. kadang asip yang didapat di kantor sekitar 250 ml, perah lagi di rumah 2x biasanya sekitar jam 10 malam atau 4 subuh, dan pagi jam 6. total jumlah asip di kulkas utk diminum dede saat gua kerja ada sekitar 400an ml. kalau asip masih cukup, gua ga guna in asip donor.

Untuk yang beda keyakinan, katanya nih ada ya ga mau terima donor asi, apalagi kalo anak nya cowok dan cewek, ntar ga boleh married. Untuk gua pribadi dan teman si pendonor asi sih ga ada pemikiran seperti itu ya.

 

Bagaimana utk supply asi tetap banyak?

 

Si mba di rumah bilang Kalo di kampong pada suka makan pare  buat nambah asi, gua ikut aja deh, makan juga walau pait..

Mama gua bilang yang penting banyak minum sup, isinya bisa kacang tanah, kembang tahu.

Baca di milis, pada bilang minum air kacang ijo, makan supplement lancar asi, minum jus, ya ok gua ikut juga.

Ada yang bilang minum klorofil, proteinnya produk Amway, walau ga murah, gua ikut juga beli.

Semuanya demi asi lancar dan berlimpahhhh….

 

Selain itu juga yang penting, saat pulang liat anak maen maen dulu, bikin suasana hati senang, bisa juga membuat asi banyak karna ibunya happy. Kalo suami baek mau antar jemput istri, mau temen in istri belanja, makan makan, nonton, nah ini pun ngefek banget buat asi lancar…😀