Sejak Eeng umur setahun, kita selalu pengen bawa Eeng camping, untuk mencintai alam dan merasakan tidur di tenda … suasana yang pasti beda dengan biasanya di rumah. Tapi ga kesampean mulu karna pikir Eeng masih kecil dan takut ga kuat dingin. Gua dulu masih parno, takut anak pilek lahh, masuk angin lahh, bla bla…

Kebetulan muncul ide dari temen kantor nya Papi Eeng untuk outing camping keluarga.. WOW..ini yang sudah ditunggu tunggu…

Selama  ini kalo malam Eeng demen banget pake bedcover jadi tenda, trus kita berdua masuk ke dalam bed cover gelap gelapan, cekik cekikan.. cerita cerita haha.. so fun.. Tapi kali ini uda ga pake bed cover ya  tapi bener bener camping di alam terbuka… so nice….

Berikut laporan dan beberapa foto foto:

Kita berangkat jam 9 an pagi tgl 16 Aug lalu, jalanan ga macet, hanya macet sedikit pas di pasar sukabumi. Batu Tapak 1 camping ground lokasi tepatnya di bawah kaki gunung Salak, sebelum Javana Spa… (btw kita sempat mampir juga ke Javana Spa, penasaran pengen tau tempatnya kek apa…wow..ngiler juga liatnya…tapi kudu nabung dulu hahah )

Pas kita datang, si mas mas langsung keluarin tenda dan mulai pasangin.. Hebat ya uda terbiasa cepet benerrr kerjanya.. arealnya luas, tapi kebetulan saat itu lagi sepi, yang camping kita doang ber 13 orang…

ini tenda dome yang kecil, walau kecil muat buat dewasa 4 orang, tapi kek susun ikan kembung yaa.. :D  kalo mau legaan ya 3 dewasa tapi kalo tiga dewasa tapi badan nya gendutt kek Papi Eeng ya tetep kaga bisa napassss  wkwkkw…

Ga terasa uda jam 1 lebih tapi  perut belum diisi, disana sih ada kantin, tapi hanya jual mie instan, wahh ogah ya soalnya kan besok besok ada kemungkinan besar makan mie instan lagi hehe.. Nah Papi Eeng mulai beraksi nehh, masaknya juga harus seperti gaya masak di alam, pake gas 1 kg, trus misting model dandang bisa juga untuk masak nasi, tapi ribet kali yaa soalnya orangnya banyak.. Dari rumah sih uda  bawa bekal nasi putih doang, so, kita hanya perlu masak lauk, dan yang paling gampang goreng telor dan sosis.. kesukaan semua anak anak…. Walau hanya telor dan sosis ternyata uenakkk lho  apalagi udaranya yang sejuk bikin tambah lapeerrr….

Dari camping ground atas tadi, ada jalan setapak turun ke bawah, ada camping ground lagi yang ga kalah bersih dan deket ama kali yang airnya bersih, seger dan dinginnn…bbrrrrr..

Ini foto air terjun kecil… bs berenang tuh.. trus ada 2  MCK (Mandi Cuci Kakus)  juga di dekat air terjun.. lumayan bersih..

Ini jalan menuju Air Terjun yang lebih gede, jalan lebih jauh bisa sejam lah, tapi worthed kok.. maklum uda jarang olahraga, jalan sampe ngos ngosan..malu juga ya secara dulu mantan anggota-pecinta-alam-yang-hanya-hiking-dua-kali,😀

Menuju ke air terjun gede, lewati kali kecil tadi, trus ketemu pemandangan sawahh..gua demen banget liat sawah demen liat yang ijo ijo.. jalan trus lewatin jalan setapak agak licin becek, ada tanjakan ke atas..

Ini dia air terjun gede, airnya dingginnnn bbbrrr.. Eeng bengong aja secara  baru pertama kali liat yang  namanya air terjun.. bukan hanya air nya dingin, udara nya juga dingin banget.. sepi disana, hanya ada kita doang… Seru lho..

Gua masih sempat suapin Eeng makan ind*mie di air terjun haha.. biasa lah gw termasuk emak emak yang takut anak nya kelaperan…

uda puas basah basahan, kita jalan kaki balek lagi, kali ini terasa lebih ga capek dan mungkin karna uda tau jalan jadi nya berasa aja lebih cepat jalan nya dari pada pas datang ke air terjun..

Ini pengalaman camping yang pertama buat Eeng, walaupun awal awal gw sempat kesel ama nih anak, dikit becek, kaki kena lumpur, ke kamar mandi cuci laki mulu, itung itung ada kale 10 x cuci kaki haha.. trus kalo liat binatang teriak teriak… Sebenarnya ini saat yang tepat untuk mendidik anak mengenal binatang, mengenal alam… Jadi gw bilang ama Eeng, ini yang namanya kutu, spider, semut, laron (nyamuk ga ada ya disana.., harimau , ular dkk  juga ga ada ya.. so dont worry) .. Kata Bapak penjaganya harimau ada di hutan gunung salak sana.. haha.. tapi perasaan gw dulu hiking ke gunung salak ga nemu sihhh adohhh jangan sampe juga ….

selain itu, lesson untuk Eeng,  “NO COMPLAIN” , tidur hanya di matras, makan seadanya  duduk di sawung dengan penerangan seadanya, mandi air dingin ( nah kalo yang ini gw nyerah de, soalnya dia teriak teriak tiap kena air dingin.. sampe si Papi bawa kompos gas masak air panas di kamar mandi…wkwkw..gw sih terus terang ga sabar de..)  Tapi gua seneng banget lho ternyata waktu makan malam Eeng makan dengan lahap dan cepet banget langsung habis… trus ga lama jam 8 an uda bobo, cape kali ya..dan tidurnya nyenyakkk ga bangun bangun sampe pagi…

Sebenarnya yang agak mengecewakan tuh malamnya hujan jd ga bisa liat bintang… padahal bagus lho liat bintang di gunung saat langit malam.. bintangnya pasti banyak.. beda banget dgn di Jakarta..

Ini bener bener pengalaman yang menyenangkan untuk family trip dengan biaya low cost.. Tapi  bagi yang memang demen camping dan pnya peralatan lengkap ya ini pasti termasuk mahal ya.. hehe..

Cuma 1 hal, untuk yang pengen camping, tapi males bawa peralatan atau pun ga punya peralatan, camping disini sih bs jadi solusi yang tepat ya.. soal MCK ga usa kuatir de, berderet 20 MCK yang bersih, lengkap dengan toilet duduk plus flush😀 termasuk mewah sih untuk ukuran camping yaa…

Note: di sekitar camping ground ga ada rumah makan/restoran, bahkan rumah penduduk masih jauh di bawah. sebaiknya siapkan makanan dan kompor gas portable untuk memasak di sana.. bisa titip bahan makanan di freezer kantin. kantin hanya menyediakan indomie, kopi, teh, nasi goreng.

untuk keterangan lengkap bisa search di www.batutapak.com