Lanjut cerita ..

Uda bosan pasti yang nunggu kelanjutannya…

Dari hotel Laut Biru ke Green canyon  butuh waktu 1 jam. Untuk ke green canyon kita pilih nginap di Hotel Riversiders Batukaras, dengan view sungai di depan hotel.. asli indah banget viewnya dan tenang.. maklum ya di Jakarta kan hampir ga pernah nemu sungai yang bersih…hotel ini rekomen banget karna bentuk nya yang unik, dari kayu dan tidur dengan kelambu..memang tak ber AC hanya kipas, tapi dingin kok menjelang subuh… Anak anak agak susah tidur karna ga terbiasa.  Serasa ingat di kampung yaa.. trus kamar mandi ada di bagian belakang dan terbukaaa… haha I love it.. dengan view pohon kelapa di atasnya.. walau dingin tapi mandi nya asik.. rate kamar hotel sekitar 500rb/ malam, sudah include sarapan dan bisa main canoe free.

Sebenarnya selain hotel Riversiders bisa juga nginap di Hotel Sunrise, lokasi lebih dekat dengan Pantai Batu Karas. Selain itu ada Java Cove Hotel yang isinya kebanyakan bule, dengan view langsung ke pantai Batu Karas. Next time kalau ke Batu Karas kita pasti akan menginap di salah satu hotel ini.

Dari Riversiders ke Green Canyon hanya 10 menit. Kali ini kita uda booking guide dari Hotel malam sebelum berangkat ke Green Canyon. Biaya untuk guide dan sewa perahu sekitar 150rb.. (kalau ga salah ingat ya) Ini sudah termasuk biaya tunggu perahu. 

Wisata Green Canyon itu harus berenang masuk lorong bebatuan, semua pakai pelampung.. dan berenang melawan arus.. Airnya dingin banget..

Hal hal yang disarankan sbb:

  • Isi perut dulu sebelum berangkat.. sarapan yang kenyang dan bawa botol air minum. Air minum bisa ditinggal di dalam mobil.
  • Sewa jasa guide, memang harus bayar lagi tapi lebih save. Dan yang pasti guide akan booking perahu, jadi kita tidak perlu antri perahu di dermaga.. Asik kan..Namanya juga berenang di sungai, pasti banyak batu nah guide akan arahin kita berenang nya lewat mana.. terus terang awal terjun ke sungai aduhhhh dingin dan ada rasa takut.. gw agak parno yaa takut ada binatang / ular gak ya di sungai haha.. memang sih pakai pelampung tapi tiba tiba ada pikiran takut tenggelam wkwkw..
  • Harus bawa kamera.. kalo ga bawa rugi habis de.. dan yang terpenting adalah guide bisa merangkap sebagai fotografer.. canggih kan.  Jadi guide akan pegangin kamera kita biar ga masuk air atau masukin kamera ke dalam kantong water proof.. entah bagaimana caranya yang penting kamera gw aman dan gak kemasukan air.. lagian ga mungkin donk kita aja uda sibuk berenang lawan arus masa sih masih sempat sempatnya foto dan pegang kamera ..
  • Untuk wanita, pakai celana yang ketat atau sejenis bicycle pants.. cukup atasan kaos.. tidak perlu baju renang yeee.. bisa diplototin sejuta umat disana
  • Disarankan untuk tidak bawa anak kecil ke green canyon.. selain berenang di air yang dingin, kira2 akan berenang terus di lorong bebatuan selama 2 jam lebih.. bisa kebayangkan dinginnya kayak apa.. bagi anak yang uda gede dan bisa berenang mungkin bisa ya..
  • Tidak perlu pakai sandal mahal, cukup sandal biasa saja dan titip di perahu.
  • Jangan lupa ya bawa duit karna perlu bayar si abang perahu dan guide, jadi selama berenang duit bisa nitip ke abang perahu. Bawa duit secukupnya saja..
  • Mungkin bagi yang mau gaya gayaan, gak perlu bawa kacamata hitam yaa, ribet de bisa  bisa hanyut dibawa air sungai…
  • Paginya ga perlu mandi, cukup cuci muka saja karna kan mau nyemplung  di sungai ..
  • Disarankan berangkat pagi sebelum jam 8, kira kira berenang butuh 2-3 jam. Selesainya ga terlalu siang dan gak panas.. udara pagi jelas lebih sejuk dan segar.. kembali ke hotel sekitar jam 11 an, bs mandi, beberes dan cek out sekalian cari makan siang..

 Ini view sepanjang perjalanan ke Green Canyon..indah dan seger di mata …

awal berenang itu lawan arus sungai, jadinya agak capek ya sampe harus di dorong ama guide nya dari belakang soalnya ga maju maju haha.. nah arah balik nya tuh uda asik banget dan cepat karna ikutin arus sungai… lebih seru daripada ke water boom😀

Setelah kita kelar dan menunggu perahu jemput, ada rombongan lain baru datang.. Beberapa ibu ibu terlihat memakai baju lengkap dari celana panjang, baju lengan panjang, + pakai kerudung.. yang lebih kasian lagi mereka ternyata ga tau kalo harus berenang masuk ke dalam lorong.. dan di charge extra biaya yang jauh lebih tinggi.. Kasian kan karna kurang info, jd salah kostum plus kena biaya jauh lebih mahal. sekilas gw dengar bs di charge 250rb lagi… kalau memang ga mau renang bisa juga nunggu di perahu tp kan ga seru ya.. dan bisa nunggunya lamaaaa…

Gak lama kemudian perahu kita uda jemput, ambil titipan duit ama si abang perahu, tak lupa berterima kasih ama guide kita yang sangat ramah..

kembali ke hotel dengan badann segerrr banget walau cape tapi bawaannya seger… balik hotel mandi, beres beresin barang, langsung cek out.. lalu kita lunch di Rumah makan Tirta Bahari, lokasi ga jauh dari Green canyon.. menu seafood, total makan 150rb dewasa 5 orang, 3 anak kecil.

Selanjutnya balik ke Jakarta lagi… dann tiba di jakarta jam 2 pagi huahaaa… teler tapi excited..

total biaya yang dikeluarkan 2 dewasa + 2 anak + 1 maid :

– hotel Biru Laut,kamar nya luas ada 2 queen size bed, bisa diisi 2 keluarga.. rate kamar 800.000 / 2 jadi 400.000/ family.

– hotel riversider 500rb /mlm.

– utk biaya hotel 2 malam total 900rb.. sisanya untuk wisata, makan, beli oleh oleh. total sekitar 2 Juta an.

Liburan yang mengesankan, walau jauhhh banget sampe anakku muntah2 lemes  tapi pengalaman yang tak akan terlupakan.. Sampai sekarang anak anak juga masih ingat saat mereka berenang di pantai atau di sungai depan hotel… Muantapp de..

Note:

Rute Mobil dari Jakarta menuju Pangandaran: Tol Cipularang – Bandung, keluar tol Cileunyi, ikuti jalan Ciawi – Nagrek menuju Tasikmalaya. Sebelum Rajapolah, Tasik belok ke kanan, ambil rute Ciamis – Banjar. Sudah terlihat ada palang tanda menuju Pangandaran. waktu tempuh sekitar 10 jam. kondisi lancar.