Seru banget bisa ada kesempatan mengunjungi kota kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan mobil sendiri. Kesannya seperti petualang sejati..😀

Berikut kota kota yang kita lewati :

 Hari ke-1. kota tujuan : Batu Raden Purwokerto.

27 Dec 2013 start dari Jakarta jam 0600 ( ini jam di rumah gw ya yang suka ga jelas keakuratannya karena suka di setel setel sama si Papi.. ). Kenapa memilih Batu Raden sebagai kota persinggahan yang pertama ? karena Purwokerto itu lokasinya stategis banget sebagai kota persinggahan untuk melanjutkan perjalanan ke kota – kota Jawa tengah lainnya. Kenapa pilih batu raden? Karena kalau stay di Purwokerto doang kurang fun jadi pikirnya mau cari suasana lain yang ada ”view”nya..

Hotel : Green Valley Purwokerto, rate per malam 634.000, booking langsung di hotel.

Review hotel :

          hotelnya bersih, senang banget dapat kamar yang ada balkon dan kursi, bisa buat duduk duduk ngobrol walaupun duduknya bentar doang, kursinya lebih berfungsi sebagai tempat buat jemur handuk dan celdam😛

kmr green valley

          Kamar mandi ada bath tub, anak anak happy banget, maklum di rumah sendiri kaga ada bath tub jadi histeris saat lihat bathtub…

          Kolam renangnya ada waterboom ”super mini” , sedangkan waterboom asli seperti yang dijanjikan di foto website tidak berfungsi, pdhal harga tiket kamar sdh include tiket waterboom.. aneh..

pool green valley

pool green valley

Tempat wisata : Taman Wisata Batu Raden, ada air terjun, bener bener tempat main rakyat kira kira 5000 per sekali main..kita hanya sebenar di sini.. karena harus berangkat lagi menuju Magelang..

batu raden

Tempat makan :

          Warung ndeso, yang dekat Green Valley. Kita dinner disini,super duper sepi sampai kesannya spooky ..

          Pringsewu.. iklannya banyak banget sepanjang jalan dari segi harga termasuk lebih mahal daripada Warung Ndeso..

 

Hari ke -2: kota tujuan : Magelang

Setelah lunch, jam 2 an langsung otw ke Magelang. Jika sesuai acuan google map harusnya jarak tempuh cuma 3 jam, tapi kenyataannyaaa bedaaa banget.. sampai sampai dinner juga yang lewat saja de, quick dinner di salah satu rumah makan simple rest area yang makanannya super murah, total 4 keluarga sekitar 250.000.  sampai Magelang dan check in hotel sudah jam 9 malam..

Hotel : Puri Asri Hotel. Rate per malam: 1.050.000, by agoda, free dinner dan breakfast.

Empat kamar berderet di Hotel Puri Asri

Empat kamar berderet di Hotel Puri Asri

Review hotel:

          bersih, recommended banget untuk family holiday. Di dalam hotel sendiri banyak banget aktivitas.

          di dalam hotel ada sungai yang bersih… wow… suka banget udaranya seger banget. Lbh asik lagi kalau ambil kamar yang persis river view depannya. Ada area bersepeda di tepi sungai dan bisa pakai sepeda yang ada dengan gratis… juga ada paket rafting 75000/org.. tapi debit air lagi rendah…tapi next time kita pasti akan stay lagi di hotel Puri Asri..

Area bermain anak yang d samping sungai.. kerenn

Area bermain anak yang d samping sungai.. kerenn

          breakfastnya lengkap banget dan enak enak semua..ada jamu beras kencur yang enakk..

          kamar mandi ada bathtub Cuma sayang lampunya kuning..

setelah breakfast, anak anak berenang, kita check out jam 11 siang menuju area Yogja. Estimasi google maps jarak tempuh 1 jam tapi lagi lagi berbeda jauh yaa..

kolam renang Hotel Puri Asri

kolam renang Hotel Puri Asri

 

Hari ke-3: tujuan: Cangkringan, Desa Umbulharjo, DI Yogjakarta.

Hotel : The Cangkringan Resort and Spa. Rate: maya villa Rp 916.300 by agoda incl breakfast

Lobby Hotel Cangkringan

Lobby Hotel Cangkringan

Review Hotel :

          cocok untuk couples yang honeymoon, terpencil, hanya ada suara semilir angin, bisa enjoy spa di hotel,  tapi kalau kita hanya stay berdua, aduh gak akan terjadi itu.. karena seeppiiii banget haha.. kalau rame rame baru asik.

Maya Villa Twin bed

Maya Villa Twin bed

          Suka banget dengan kamar mandi nya yang gede, bath tub super gede bisa muat 4 orang kalau duduk haha.. 

          Untuk 1 kompon ada beberapa villas dengan 1 private pool.

Pool di depan Maya Villa

Pool di depan Maya Villa

          Menu breakfast, kurang variasi.

          Disarankan untuk tidak tiba hotel disaat setelah magrib karena kurang banyak info arah papan jalan menuju hotel. (kita malah sempat nyasar wkwkw)

          Ide yang bagus untuk siapkan mie instant bila lapar menyerang. Akses nya termasuk jauh untuk mencapai rumah makan terdekat.

          Lokasi hotel yang sangat strategis untuk mencapai gunung Merapi. Volcano tour bisa dilakukan dengan menyewa mobil hardtop dengan jarak tempuh 1 jam an dan dengan rate per mbl 350.000 untuk 5 dewasa. Atau 400.000 untuk sunrise tour berangkat jam 0415 pagi.  Adventure banget dan recommended deh buat menyaksikan Merapi dari dekat.

Sunrise at  Merapi

Sunrise at Merapi

 

Tempat makan:

          Timbul roso, Jl Cangkringan km. 3.5 Brayat Wukirsari. Menu ikan air tawar. Makan dengan suasana alam. Harga makanan masih tergolong murah, kita ambil paket 5 dengan total 516.000 untuk 4 keluarga.. (dewasa 9, anak anak 9 )

 

Hari ke-4 dan 5 dihabiskan di Malioboro, dan  Kasongan

Hotel: Arjuna Hotel, Jl Mangkubumi no. 44 rate: 900.000/mlm @ agoda,  include gala dinner saat malam pergantian tahun.

Review hotel:

          hotel bintang 3 yang standard, no balcony, no bathtub (kalau ini anak anak cukup kecewa) , tapi ada pool.

          Lokasi strategis, dekat banget jalan kaki ke malioboro, atau naik becak 15000. depan hotel banyak angkringan yang enak dan murmer… yang paling rame angkringan Garing Petruk, favourite: nasi goreng lombok ijo, nasi uduk, dll yang dibungkus mini dengan dua kali caplok juga habis….😀

 

Tempat Makan.

          Gudeg Yu Djum, daerah wijilan. Harga 40.000 gudeg complete.

          Ayam goreng jawa Mbah Cemplung.. ini di daerah desa Sendang Semanggi Bantul, termasuk dalam kawasan kasongan (banyak toko kerajinan tangan disini dengan harga miring).   Asli ayam goreng kampungnya enakk banget dan sambel yang pedessss .  Per potong ayam 25000. kuduu coba kalo ke yogja.

–     Angkringan Garing Petruk, depan Hotel Arjuna, dan banyak lagi angkringan lainnya.

 

Hari ke-6 : Pekalongan.

Ternyata dari arah selatan menuju utara harus melewati jalan hutan yang berkelok kelok, dan itu kami tempuh di saat malam.. yang minim penerangan.. Seru, takut, tegang tapi adventurous banget,setelah dipandu GPS keluar area yang hutan itu, ternyata sudah jam 8 mlm dan perut sdh mulai keroncongan. Akhirnya terdamparlah kita di satu rumah makan Bakso Kepala Sapi, not bad, cukup kenyang dinner dengan makan bakso dan anak anak juga enjoy saja..   bila sesuai rencana semula kita harusnya menuju Guci Tegal, dimana baru disadari pada jam 10 mlm dengan bantuan Google Maps bahwa Guci ternyata tak jauh dari Batu Raden hahaha… dan melewati jalan gunung yang berkelok kelok,  so sad dan kita harus lewatkan Guci kali ini… karena perjalanan bisa tambah lama dengan medan jalan yang berkelok kelok.. ga kebayang kalau dipaksa juga ke Guci malam itu juga, bisa bisa jam 3 subuh baru sampai,  Jadi rencana berubah dengan stay di Pekalongan. Happy buat penggemar batik karena bs belanja2 batik..

 

Hotel : Horison Pekalongan, rate walk in Rp 468.000, incl breakfast

Pekalongan terkenal dengan  batik dan ada 2 lokasi untuk belanja batik yaitu Pasar Sentono dan IBC.

Hotel review:

          Recommended hotel, masih tergolong hotel baru dengan ranjang empuk, bersih, sarapan juga enak..

          harga bersahabat.

Tempat makan: Soto Mang Dul, persis depan Pasar Sentono.. recommended, enak, dan makan sambil keringatan😀

Hari ke -7: tujuan : Cirebon

Masih ga kuat  juga melanjutkan trip ke Jakarta yang masih 280 kilo, akhirnya diputuskan stay di Cirebon.. ternyata oh ternyata Cirebon sudah maju banget dengan mall seperti di Jakarta, ada KFC, Bangi Kopitiam yang akan buka, Timezone, wahh seru yaa betah de anak anak haha..

Hotel : Grand Tryas Hotel, sebrang Grage Mall. Corporate Rate : 411.000 incl breafast

Hotel review :

          ga demen banget sama lantai yang karpet..

          perabotan tua..

          lokasi strategis sebrang mall grage..

 tempat makan:

          mie koclok, ga nyangka rasanya enak.. kuah santan jadinya gurih tapi ga boleh sering serinng ya…

Mie Koclok

Mie Koclok

          nasi jamblang.. murmer.. yang penting anak anak doyan..

 setelah lunch selesai, sekitar jam 2 an meluncur balik jakarta.. dimana stack di arah menuju tol cikampekk.. dan dinner di nasi padanggg di rest area yang rasanya lezaaatttt banget..  

 Over all, happy dengan touring ini walaupun di hari ke 3 setelah balik jakarta, mata berair, badan pegel, masuk angin dan sukses dikerok full punggung … hikss

Thanks God anak anak sehat selama perjalanan, makannya banyak, nikmat dan lahap saja..

Beberapa tips untuk touring:

          periksalah peta perjalanan dengan lengkap, dan jelas.. apakah rute sejalan, bagaimana medan jalannya.. berapa waktu tempuh.. compare rute GPS dengan Google Maps.

          rute bisa saja berubah pada saat kita menjalaninya… menghindari resiko di jalan, lebih baik cari hotel dan rest..safety yang paling utama.

          Utk reservasi hotel tujuan, bila rate walk in tidak jauh beda dengan agoda, maka lebih baik booking dulu dan bayar pada saat check in, untuk menghindari kelelahan di jalan dan jarak tujuan masih jauh. Setidaknya hotel bisa dicancel tanpa penalty.

          anak anak harus perut kenyang selama perjalanan, dilarang perut kosong..

          siap siap plastik untuk jaga2 bila ada yang muntah..

          beli bantal setengah bulat penyangga leher biar tidur ga pegel

          anak anak harus tidur selama di perjalanan supaya bila sdh sampai di tujuan badan tetap fit

          siap sedia ”vitamin” alias obat antimo utk anak atau dewasa. Terutama untuk medan jalan yang berkelok kelok antimo banyak gunanya.. 

–      testimonial pribadi:  untuk bawa CMP, diminum tiap pagi dengan segelas air, alhasil lancar ke belakang😀..jadi nya perut ga begah dan bisa enjoy wisata kuliner dimana saja😀

 

 sekian laporan perjalanan selama touring, enjoy baca yaa  !! sampai ketemu di touring berikutnya.. !!!